Bolehkah Kita Menyalahkan Sebuah Keadaan? | Inspiration Story Inspiration Story: Bolehkah Kita Menyalahkan Sebuah Keadaan?

Bolehkah Kita Menyalahkan Sebuah Keadaan?

Mas Annd - AndrieDiary

Wednesday, August 14, 2013

Pin It
Apakah benar jika ada yang berkata bahwa karakter dan jiwa kita terbentuk karena pengaruh lingkungan sekitar kita? Lalu apakah kita harus melarikan diri dan menghindar dari kehidupan yang saat ini telah kita jalani untuk menjaga jiwa dan perasaan agar bisa lebih mudah dalam mencapai tujuan? Bukannya tidak mensyukuri keadaan, namun kita mungkin sering merasa bahwa lingkungan ini seakan menghalangi kita untuk maju ke depan.

Terkadang, kita terlalu banyak yang menyelesaikan sebuah masalah namun tak satupun imbal balik yang kita dapatkan, hal Itu membuat semangat kita menjadi turun, dan keadaan itulah yang ering kita anggap sebagai penggangu dalam hidup. Saat lingkungan yang ada disekitar kita mendukung atas apa yang menjadi tujuan kita, maka kita akan merasa termotivasi. Namun sebaliknya, saat mendengar sebuah keputusan sepihak, kita akan merasa putus asa, alih-alih memikirkan masa depan, pikiran kita menjadi teralihkan dengan sebuah pemikiran 'kenapa itu bisa terjadi'.

Terlepas dari itu semua, saya teringat kata-kata Guru saya, yang mengatakan bahwa "Yang tepenting bukanlah apa yang sudah kita miliki, tapi apa yang akan kita dapatkan. Yang jadi masalah bukan keadaan yang telah terjadi, yang jadi masalah adalah suasana seperti apa yang ingin kita alami." Yang mengartikan bahwa apapun yang terjadi, apapun yang kita miliki, sedang ada dalam kondisi apapun kita saat ini, itu tidak penting, itu tidak akan menjadi penghalang bagi kita, saat kita memiliki tujuan yang jelas dan terarah. Alih-alih memikirkan apa yang sudah terjadi, alangkah lebih baik jika kita fokus untuk meraih apa yang akan kita dapatkan.

Memang tidak mudah untuk mengaplikasikan hal tersebut, begitu juga dengan saya. Masih sering terombang-ambing dalam gejolak jiwa yang selalu naik turun karena pengaruh frekwensi nada yang ada di lingkungan sekitar saya. Namun, apapun yang terjadi, bagaimanapun juga, teori guru saya benar adanya. Kita tak boleh menyalahkan keadaan, Alam telah menempatkan diri kita pada posisi yang sebenarnya dan kita sendiri yang menentukan. Bagaimana itu bisa terjadi?

Sesuatu dapat terjadi dan kita tidak boleh menyalahkan keadaan, kita tak dapat menyalahakan apa yang terjadi di lingkungan sekitar, kita harus tetap fokus untuk meraih impian kita. Kita harus menghadapi segala permasalahan tersebut, melakukan sesuatu secara positif untuk menyaring kata-kata negatif agar tidak masuk ke alam bawah sadar sehingga tidak mengganggu tujuan dan impian-impian kita. (And)
Penulis : Annd | Teks Editor : Annd | Foto : Photobucket | Akses AndrieDiary di: www.kompasiana.com/AndrieDiary
Pin It

AndrieDiary menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. AndrieDiary berhak untuk menghapus dan tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA

0 comments :

Post a Comment

 
AndrieDiary | Home | About | Contact Us | Advertise
Copyright © 2011. Inspiration Story - All Rights Reserved